11 Definisi Penjualan Menurut Para Ahli



1. Menurut Philip Kotler 

Penjualan adalah proses sosial manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. (Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta , 2008, hal. 8.)


2. Menurut Sofjan Assauri

Penjualan adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. (Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002, hal. 5)


3. Menurut Thamrin Abdullah dan Francis Tantri (2016, 3) 

Penjualan adalah bagian dari promosi dan promosi adalah salah satu bagian dari keseluruhan sistem pemasaran.


4. Menurut Basu Swastha dalam Irwan Sahaja (2014, 246) 

Penjualan adalah suatu proses pertukaran barang atau jasa antara penjual dan pembeli.


5. Menurut Amin Wijaya (2011: 92)

Penjualan adalah sebuah transaksi pendapatan barang atau jasa yang dikirim pelanggan untuk imbalan kas suatu kewajiban untuk membayar.


6. Menurut Haryono (2003:327)

Penjualan kredit adalah penjualan yang dilakukan bila pembayaran baru diterima beberapa waktu kemudian.


7. Menurut Assuari (2004:5)

Penjualan adalah kegiatan manusia yang mengarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.


8. Menurut Mulyadi (1997:204)

Penjualan adalah dalam transaksi penjualan kredit, jika order dari pelanggan telah dipenuhi dengan pengiriman barang atau penyerahan jasa, untuk jangka waktu tertentu perusahaan memiliki piutang kepada pelanggannya.


9. Menurut William G. Nickels (1998:10)

Penjualan adalah proses dimana penjual memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dicapai manfaat baik bagi penjual maupun pembeli yang berkelanjutan dan menguntungkan kedua belah pihak.


10. Menurut Nitisemito (1998:13)

Penjualan adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk melancarkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan yang efektif.


11. Menurut Robert Ashton

Penjualan adalah proses ketika suatu pihak membantu pihak lainnya adalah menetapkan keputusan pembelian.