7 Definisi LAN (Local Area Network) Menurut Para Ahli

1.     Agus. J. Alam. Alam, mengatakan bahwa yang dimaksudkan dengan LAN merupakan sebuah jaringan yang terdiri atas satu komputer atau lebih, yang terdapat di dalam suatu lokasi tertentu.

2.     Zuhal. Zuhal, memberikan definisi lainnya mengenai LAN, yaitu merupakan sebuah jaringan komputer yang biasa ditemui sehari – hari di dalam perkantoran, kampus, ataupun di dalam rumah.

3.     Arief Ramadhan. Ramadhan menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan LAN merupakan sebuah jaringan komputer, yang memiliki area cakupan yang terbatas pada area atau lokasi tertentu saja.

4.     Teguh Wahyono. Wahyono menambahkan, bahwa yang dimaksud dengan LAN adalah sebuah jaringan komputer yang bersifat local, yang memiliki cakupan wilaya yang tidak terlalu besar. Dilanjutkan pula oleh Wahyono, bahwa sebuah jaringna local atau LAN ini hanya memiliki cakupan wilayah dengan radius kira – kira 20 km saja, dimana apabila dilihat dalam kehidupan sehari – hari, hanya berada pada cakupan sebuah kotamadya. Meskipun demikian, ternyata LAN pada kenyataannya hanya banyak dimanfaatkan di dalam cakupan wilayah yang lebih sempit. Biasanya LAn hanya digunakan pada sebuah wilayah atau lokasi yang berada dalam satu lingkungan saja, seperti lingkungan kampus, pabrik, dan juga gedung perkantoran.

5.     Bonnie Suherman. Tokoh dan ahli lainya mengatakan bahwa yang dimaksud dengan LAN merupakan sebuah jaringan yang terbatas pada ruangan tunggal dalam satu gedung atau menghubungkan beberapa gedung dalam satu area geografis tertutup.

6.     Silvester Sila. SIla mengatakan bahwa yang dimaksud dengan jaringan LAN adalah sebuah jaringan telekomunikasi antar perangkat komputer dan perangkat lainnya dengan cakupan area yang kecil.

7.     Angga Wibowo. Wibowo menambahkan bahwa LAN bisa saja merupakan sebuah jaringan yang bersifat pribadi atau local. Jaringan LAN ini pada umumnya digunakan dalam lingup yang kecil, seperti dalam suatu kantor atau komunitas, seperti kampus dan lingkunganlainnya.