- Menurut Robert Friedrichs(1970)
Dasar pandangan disiplin pada apa materi pelajaran yang harus dipelajari.
- Menurut Patton(1975)
Sebuah pandangan dunia, sebuah sudut pandang umum, atau cara untuk menguraikan kompleksitas dunia nyata.
- Menurut George Ritzer(1980)
Pandangan mendasar ilmuwan tentang apa materi pelajaran harus dipelajari oleh cabang atau disiplin, dan apa aturan yang harus diikuti dalam menafsirkan informasi yang akan dikumpulkan informasi yang dikumpulkan dalam menanggapi isu-isu ini.
- Menurut Harmon (dalam Moleong, 2004: 49)
Paradigma adalah cara mendasar untuk memahami, berpikir, menilai dan melakukan yang berkaitan dengan sesuatu yang khusus tentang realitas.
- Menurut Bogdan (dalam Mackenzie & Knipe, 2006)
Menyatakan bahwa paradigma adalah kumpulan longgar sejumlah asumsi, konsep, atau proposisi logis terkait, yang mengarahkan cara berpikir dan penelitian.
- Menurut Biklen
Paradigma adalah kumpulan longgar sejumlah asumsi, konsep, atau proposisi logis terkait, yang mengarahkan cara berpikir dan penelitian.
- Menurut Baker (dalam Moleong, 2004: 49)
Paradigma sebagai seperangkat aturan yang (1) menetapkan atau mendefinisikan batas-batas; dan (2) menjelaskan bagaimana sesuatu harus dilakukan dalam batas-batas itu untuk berhasil.
- Cohenn (dalam Mackenzie & Knipe, 2006)
Membatasi paradigma sebagai studi filosofis pelaksanaan tujuan atau motif.
- Menurut Manion
Paradigma sebagai studi filosofis pelaksanaan tujuan atau motif.
- Menurut Emzir (2008: 9)
Asumsi psikologis tentang pembentukan tuntutan pengetahuan (klaim pengetahuan), prosedur umum penyelidikan (strategi penyidikan) dan prosedur jaringan dan analisis data dan pelaporan (metode penelitian).