10 Definisi Strategi Menurut Para Ahli



1. Menurut Kozma (1978:97)

Strategi dapat diartikan “setiap kegiatan yang dipilih, yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada pembelajar dalam menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu”. 


2. Menurut Dick and Carey

Strategi yaitu Dalam memberikan definisi mengenai strategi pembelajaran tidak hanya membatasi kepada prosedur kegiatan, melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pembelajaran. 


3. Menurut Kemp (1995)

Strategi yaitu suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.

4. Menurut Chandler (1962)

Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut serta prioritas alokasi sumber daya.


5. Menurut Porter (1985) 

Strategi adalah alat yang sangat penting untuk mencapai keunggulan bersaing.


6. Menurut Stephanie K. Marrus (2002:31) 

Strategi didefinisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.


7. Menurut Quinn (1999:10) 

Strategi adalah suatu bentuk atau rencana yang mengintegrasikan tujuan-tujuan utama, kebijakan-kebijakan dan rangkaian tindakan dalam suatu organisasi menjadi suatu kesatuan yang utuh. 


8.  Menurut Glueck dan Jauch (1998:12) 

Strategi adalah rencana yang disatukan menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi.


9. Menurut Hamel dan Prahalad (1995:31)

Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.


10. Menurut Bryson (2001:189-190)

Strategi dapat dipandang sebagai pola tujuan, kebijakan, progam tindakan, keputusan atau alokasi sumber daya yang mendefinisikan bagaimna organisasi itu, apa yang dilakukan dan mengapa organisasi melakukannya.