13 Definisi Puisi Menurut Para Ahli




1. Menurut H.B. Jassin 

Puisi adalah sebuah pengucapan dengan sebuah perasaan yang didalamnya mengandung sebuah fikiran-fikiran dan tanggapan-tanggapan.


2. Menurut Ralph Waldo Emerson

Puisi ialah mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata yang sedikit mungkin.


3. Menurut Waluyo 

Puisi ialah sebuah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan sebuah kata-kata kias (imajinatif).


4. Menurut Edwin Arlington Robinson 

Puisi ialah suatu bahasa yang menyampaikan sesuatu yang sukar hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.


5. Menurut  Muhammad Hj. Salleh

Puisi ialah suatu bentuk sastra yang kental dengan music bahasa serta suatu kebijaksanaan penyair dan tradisinya. Dalam hali ini segala kekentalan itu, maka puisi setelah dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.


6. Menurut  Usman Awang 

Puisi ialah bukanlah sebuah nyanyian orang putus asa yang mencari sebuah ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.


7. Menurut  SastraSudjiman

Puisi ialah sebuah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh sebuah irama, matra, rima, serta sesuatu penyusunan larik dan bait.


8. Menurut  Watt-Dunton 

Puisi ialah sebuah ekpresi yang kongkret dan yang bersifat artistik dari suatu pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.


9. Menurut Ralph Waldo Emerson 

Puisi ialah dalam cara mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata sesedikit mungkin.



10. Menurut  Herman J. Waluyo 

Puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang mengungkapkan suatu pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.



11. Menurut  Djoko Pradopo

Puisi ialah sebuah hasil aktivitas pemadatan, yaitu suatu proses penciptaan dengan cara menangkap kesan-kesan lalu memadatkannya (kondensasi).



12. Menurut  Pradopo

Puisi ialah suatu aktivitas yang bersifat pencurahan jiwa yang padat, yang bersifat sugestif dan asosiatif.


13. Menurut  John Keats

Puisi ialah sebuah usaha untuk membaca indah dari membayangkan sebuah narasi proses pemikiran atau logis. Dia tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk akal atau tidak mempunyai narasi.