7 Definisi Buku Teks Menurut Para Ahli

1. Hall Quest dalam Tarigan, 2009:12
“buku teks adalah rekaman pikiran rasial yang disusun buat maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional”.


2. Lange dalam Tarigan, 2009:12
“buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri atas dua tipe, yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. 


3. Bacon dalam Tarigan, 2009:12
“buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli bidang itu dan diperlengkapi dengan 8 sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. 


4. Buckingham dalam Tarigan, 2009:12
“buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran”. 


5. Menurut Crowther, 1995: 1234
"buku teks dijelaskan sebagai a book giving instruction in a subject used especially in schools (buku yang memberikan petunjuk dalam sebuah pelajaran, khususnya disekolah)".


6. Menurut Tarigan dan Tarigan, 1986: 13
"buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional yang dilengkapi dengan sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya disekolah maupun diperguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran".

7. Menurut Buckingham, 1958 :1523
"buku teks adalah sarana belajar yang digunakna disekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran".