10 Definisi Aplikasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Rachmad Hakim S

Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows & permainan (game) dan sebagainya.

2. Menurut Harip Santoso 

Aplikasi adalah suatu kelompok file (form, class, report) yang bertujuan untuk melakukan aktivitas tertentu yang saling terkait, misalnya aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.

3. Menurut Ibisa 

Aplikasi adalah alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan dan bukan merupakan beban bagi penggunanya.

4. Menurut Technopedia, n.d

Aplikasi adalah program atau sekelompok program yang dirancang untuk pengguna. Program ini dibagi menjadi dua kelas, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem terdiri dari program tingkat rendah yang berinteraksi dengan komputer pada tingkat dasar, sedangkan perangkat lunak aplikasi berada di atas perangkat lunak sistem dan termasuk program database, pengolah kata, spreadsheet, dan lain-lain. perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan bersama dengan perangkat lunak sistem atau diterbitkan sendiri.

5. Menurut Hengky W. Pramana

Aplikasi merupakan suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, game palayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.


6. Menurut Hendrayudi

Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.


7. Menurut Yuhefizar

Aplikasi merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan pekerjaan tertentu.


8. Menurut Eko. I & Djokopran

Aplikasi merupakan proses atau prosedur aliran data dalam infrastruktur teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang dan kebutuhan (relevan).

9. Menurut Jogiyanto (1999:12)

Aplikasi adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

10. Menurut KBBI (1998 : 52)

Aplikasi adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atauketentuan bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.